cara memasak brokoli dengan baik dan benar

MEMASAK BROKOLI DENGAN BAIK DAN BENAR

    Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau dan tersusun rapat. seperti cabang pohon dengan batang tebal. sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. brokoli paling mirip dengan kembang kol,namun brokoli berwarna hijau tua sedangkan kembang kol berwarna putih.
    Beberapa cara yang biasanya digunakan untuk memasak brokoli dan pengaruhnya terhadap kandungan pada brokoli adalah sebagai berikut:


1. MEMASAK BROKOLI DENGAN CARA DIREBUS
   Brokoli yang direbus akan mengurangi nilai anti oksidan didalam brokoli brokoli tersebut.secara khusus, merebus akan mengurangi senyawa yang dikenal glucosinolates,yang diubah dalam tubuh menjadi agen antikanker yang disebut isothiocyanates.serlain itu, memasak brokoli dalam air mendidih dapat mengurangi kandungan glukosinolat sebesar 20-30% setelah 5 menit,sebesar 50% setelah 10 menit,dan 77% setelah 30 meit. dengan begitu jelas bahwa merebus mungkin bukan cara terbaik untuk memasak sayuran ini.

2. MEMSAK BROKOLI DENGAN CARA DITUMIS
   Untuk menghindari sayuran over-cook atau terlalu matang.perlu anda ketahui menumis adalah metode memasak sayuran dalam minyak panas yang hanya bertujuan untuk membuat sayur sedikit aroma,tetapi tetap renyah. sejauh ini, penelitian yang dilakukan oleh thornalley dan song tidak menemukan adanya kerugian yang signifikan dari kandungan glukosinolat ketika brokoli ditumis selama 5 meit atau kurang.

3. MEMASAK BROKOLI DENGAN CARA DIKUKUS
   Mengukus adalah cara yang paling populer untuk memasak brokoli karena cepat dan dapat mempertahankan warna dan tekstur sayuran.mengukus brokolo justru dapat meningkatkan nilai gizi dari brokoli. brokoli yang dikukus akan mengalami peningkatan kadar glucosinotales, peningkatan kadar senyawa antioksidan dan beta karoten,serta lutein,alpha dan gamma tocopherol pada brokoli.mengukus adalah cara terbaik untuk memasak brokoli.


Komentar

  1. Cukup singkat tapi sangat detail dan rinci

    BalasHapus

Posting Komentar