cara menanam brokoli


CARA MENANAM SAYUR BROKOLI MUDAH DAN PRAKTIS




  Saya disini akan menjelaskan bagaimana cara menanam sayur brokoli mudah dan praktis. brokoli salah satu jenis sayuran berbentuk unik berwarna hijau dan seperti rambut gimbal. brokoli cukup mahal dipasaran karena rasanya enak dan mempunyai banyak nutrisi yang tinggi. berikut adalah cara menanam brokoli :

1. MEMPERSIAPKAN LAHAN TANAM
   cara yang paling utama adalah lahan untuk menanam sayur brokoli,kita harus memilih tempat lahan yang strategis agar brokoli dapat tumbuh sehat. gunakanlah lahan yang subur dan mempunyai banyak kandungan bahan organik. lokasi ideal untuk menanam brokoli adalah di lahan terbuka dengan ketinggian 200-4000mdpl dan dan mendapatkan sinar matahari secarah penuh.

2. PENYEMAIAN PADA BUDIDAYA BROKOLI
      lakukan penyemaian saat 28 hari sebelum jadwal penanaman. siapkan media semai yang berupa tanah dan pupuk kandang. kemudian ayak dengan ayakan pasir.masukan media semai kedalam wadah persemaian.anda bisa menggunakan tray,gelas plastik,polybag untuk tempat persemaiannya.tanam benih sayur brokoli kedalam media semai.siram permukaan media semai dengan menggunakan hand sprayer.lakukan secara hati - hati agar benih  tidak berantakan.

   tutup media semai dengan plastik hitam selama kurang lebih 3-4hari hingga benih brokoli berkecembah.siram secara rutin.bibit brokoli yang sehat terlihat tumbuh normal dan mempunyai 3 - 4 helai daun.

3. PROSES PENANAMAN
    Lakukan pindah tanam pada pagi hari dan sore hari.buatlah lubang tanam.lepaskan bibit brokoli dari wadah persemaian secara perlahan dan hati - hati.bagian akar jangan sampai rusak dan usahakan media tidak pecah.masukkan satu bibit satu lubang dengan posisi tegak lurus dari permukaan tanah. kemudian tutup lubang tanam dengan ketinggian kurang lebih 1-2 cm dari bawah daun siram daerah sekitar bibit dan lakukan penyiraman secara rutin dengan menyirami satu persatu tanaman.

4. PANEN DAN PASCA PANEN
   Panen pada budidaya biasanya dilakukan saat tanaman berumur 50 - 70hst. akan tetapi waktu panen bervariasi sesuai dengan ketinggian tempat melakukan budidaya brokoli. pada dataran menengah biasanya waktu panen akan lebih cepat.lakukan panen brokoli jika bunga pada tanaman telah nampak seperti kubah dengan permukaan atas bunga sudah tidak rata lagi.panen pada budidaya brokoli dapat anda lakukan dengan cara memotong batang dengan meyertakan 3-4 helai daun.potong dengan menggunakan pisau tajam.

Komentar

Posting Komentar